Sunday, 4 October 2015

Baliem Arabica: Kopi dengan Banyak Nama Tetapi Jarang Diadari Orang

Kopi Baliem Arabica disingkat Baliem Arabica ialah nama yang hanya melekat kepada Koperasi Serba Usaha Baliem Arabica yang menyebut Kopi yang umumnya disebut Kopi Wamena sebagai Baliem Arabica, dan selanjutnya memberikan nama kepada produk Kopi Baliem Arabica sebagai Baliem Blue Coffee.

Baliem Blue Coffee sebagai merek dagang dari Kopi Baliem Arabica yang diproduksi oleh KSU Baliem Arabica memang belum banyak dikenal. Kalau Anda mendegar dan membaca, kebanyakan memberi-nya nama bermacam-macam seperti berikut
  1. Kopi Baliem
  2. Kopi Baliem Papua
  3. Kopi Baliem Wamena
  4. Kopi Wamena
  5. Kopi Papua Wamena
  6. Kopi Wamena Papua
  7. Kopi Papua
  8. Kopi Baliem Arabica
  9. Kopi Arabica Wamena
Nama yang sering terdengar di kalangan masyarakat umum ialah Kopi Papua, tetapi di kalangan bisnis kopi di Indonesia ialah Kopi Papua Wamena atau Kopi Wamena.

Menurut Ketua KSU Baliem Arbaica, Selion Karoba, 
sebenarnya Kopi Wamena itu disebut Baliem Arabica. Jadi nama Kopi ialah Baliem Arabica, dan Kopi Baliem Arabica berasal dari Wamena, yaitu Baliem Arabica ialah Wamena Single Origin. Wamena Single Origin inilah yang kemudian kami beri nama Baliem Blue Coffee.

Pada saat ditanyakan kalau ada single origin yang lain dari tanah Papua  dan diproduksi oleh KSU Baliem Arabica pula, maka namanya apakah tetapi disebut Baliem Blue Coffee, maka ketua Koperasi mengatakan
tidak, semua single origin bila perlu diberi branding masing-masing, karena wilayahnya sangat luas, citarasa sangat berbeda dan kalau kita satukan, maka kami merugikan potensi Kopi Papua. Memang akan ada Kopi Papua Blend, tetapi untuk sementara Kopi Wamena inilah yang orang sebut Kopi Papua. Kopi Pegunungan Bintang juga sementara disebut Kopi Papua atau bahkan Kopi Wamena. Semuanya masih kabur. Masih perlu banyak kerja untuk membereskan semua ini.

Sebagai Ketua Asosiasi Kopi Spesialti Papua, Selian Karoba menyatakan selanjutnya bahwa
yang kita katakan sebagai Kopi Papua itu bukan kopi dari provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Indonesia saja tetapi juga Kopi Hagen, Kopi Goroka dan Kopi Arabica lainnya dari Papua New Guinea, karena semuanya ini ialah Kopi dari Tanah Papua, semuanya bernama Kopi Papua.
Semoga saja Kopi yang punya banyak nama ini akhirnya tidak membingungkan konsumennya, dan lebih lagi, tidak mengorbankan para konsumen karena dianggap kopi yang berbada karena nama-nama yang berbeda tadi.

2 comments:

  1. Harap tulisan ini memperjelas. Ada yang saat ini sudah menggunakan nama Kopi Papua dengan menunjukkan kepada nama suku. Misalnya Kopi Papua Lani, Kopi Papua Ngalum, Kopi Papua Yali, dan sebagainya. Ini juga bagian dari pengaburan nama atau bisa juga dikatakan membantu pemisahan Single Origin untuk memperjelas citarasa dan identitas Kopi dari Tanah Papua.

    Kita akan lihat sejalan dengan sejarah bisnis kopi Papua.

    ReplyDelete
  2. Banyak orang punya peta geografis tidak jelas

    ReplyDelete